Ads 720 x 90

Soal dan Jawaban Uji Kompetensi 4.1 PKn Kelas 7

PKN Bela Negara ~ Uji Kompetensi 4.1 PKn Kelas 7 semester 2, Bab 4 tentang keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, Soal Uji Kompetensi 4.1 terdapat di halaman 113 buku paket Pkn Kurtilas ( Kurikulum 2013 ), Adapun Pembahasan yang ada di blog ini merupakan sebagi bahan referensi buat adik-adik untuk mengevaluasi hasil kegiatan adik-adik dalam mengerjakan Soal Uji Kompetensi 4.1 Pkn Kelas 7, jangan dijadikan jawaban yang ada di blog ini hanya sebagai bahan contekan saja , karena pada dasarnya keberhasilan adik-adik dalam belajar adlah usaha adik-adik untuk berpikir dan mencari jawaban sendiri dari sosl-soal tersebut, namun bila adik-adik telah berusaha untuk mengerjakan soal Uji Kompetensi 4.1 tersebut dan masih ada kekurangan dalam menjawab soal tersebut, itu merupakan hal yang wajar karena adik-adik masih dalam proses belajar, oleh karena itu admin membantu dalam mengevaluasi hasil belajar adik-adik dalam menjawab soal Uji Kompetensi 4.1 Soal PKN Kelas 7 yang ada di buku paket Kurikulum 2013 halaman 113 tersebut. berikut adalah jawaban soal Uji Kompetensi 4.1 Pkn Kelas 7.
Soal dan Jawaban Uji Kompetensi 4.1 PKn Kelas 7


Soal Uji Kompetensi 4.1 dan Pembahasannya
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Soal No 1
Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia!

Pembahasan No 1
Penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia ialah dikarenakan adanya beraneka ragam agama yang ada di Indonesia. Selain itu, juga negara Indonesia merupakan bekas jajahan Portugis, Belanda, Jepang, dan Spanyol, secara tidak langsung negara penjajah tersebut juga telah memberikan kebudayaan untuk Indonesia. Selain itu, adat di daerah setempat pada setiap daerah pasti memiliki adat istiadat sendiri.

Soal No 2
Jelaskan 3 (tiga) suku bangsa di Indonesia, mengenai :
a. asal daerah,
b. bahasa yang digunakan, dan
c. pakaian yang digunakan.

Pembahasan No 2
Suku Batak : Suku Batak ialah merupakan salah satu suku di Indonesia yang dimana berasal dari daerah provinsi Sumatera Utara,Indonesia. Suku Batak ini berasal dari daerah Pantai Barat dan Pantai Timur. Suku Batak sendiri ialah salah satu dari suku bangsa yang besar di Indonesia. Suku Batak ini dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian yang dapat dianggap sebagai suku batak yaitu suku toba, suku karo, suku pak pak, suku simalungun, suku angkola, dan suku mandialing. Suku ini memiliki bahasa yang dimana digunakan pada kehidupan sehari-harinya yaitu bahasa angkola, bahasa mandailing, bahasa pak pak, bahasa simalungun, dan bahasa toba. Untuk pakaian daerahnya sendiri, suku batak ini menggunakan pakaian adat yang di sebut dengan pakaian ulos.

Suku Minang : Suku Minang ialah merupakan sebuah suku yang berasal dari daerah hampir sebagian dari wilayah daratan Pulau Sumatera, yaitu meliputi daerah Provinsi Sumatera Barat, sebagian dari Provinsi Riau, sebagian utara dari Provinsi Bengkulu, sebagian barat dari Provinsi Jambi, Pantai Barat dari Provinsi Sumatera Barat, sebagian barat daya dari Provinsi Aceh, dan daerah Negeri Sembilan di Malaysia. Untuk bahasa yang digunakan oleh Suku Minang ini juga terdapat beberapa bahasa yaitu Bahasa Minang, Bahasa Indonesia, dan juga Bahasa Melayu. Kemudian, untuk pakaian adat dari Suku Minang disebut dengan Bundo Kanduang.

Suku Betawi : Suku Betawi ialah orang-orang yang tinggal di daerah Jakarta. Kemudian untuk bahasa yang digunakan ialah bahasa betawi dan bahasa Indonesia. Untuk pakaian adatnya sendiri disebut dengan pakaian baju ujung serong.

Soal No 3
Jelaskan masing-masing 3 (tiga) budaya berikut dan asal daerah :
a. lagu daerah,
b. tarian daerah, dan
c. alat musik daerah.

Pembahasan No 3
Provinsi Bali : Lagu daerah yang dimiliki oleh daerah Bali adalah Putri Cening Ayu. Tarian daerah yang di tampilkan di daerah Bali adalah sebuah tarian massal yang kemudian dikenal dengan sebutan tari kecak. Alat musik daerah pada melakukan atraksi tarian, kemudian musik adalah pemberi alunan nada yang kemudian menjadi pemandu bagi penari untuk melakukan sebuah gerakan. Pada daerah Bali ini sendiri alat musik tersebut lebih dikenal dengan sebutan gong.

Provinsi Jawa Barat : Lagu daerah yang dimiliki oleh daeah Jawa Barat ialah Bubuy bulan. Tarian daerah yang di tampilkan di daerah Provinsi Jawa Barat ialah sebuah tarian massal yang kemudian dikenal dengan sebutan tari jaipong. Alat musik daerah pada melakukan atraksi tarian, kemudian musik adalah pemberi alunan nada yang kemudian menjadi pemandu bagi penari untuk melakukan sebuah gerakan. Pada daerah Provinsi Jawa Barat ini sendiri alat musik dikenal dengan sebutan angklung.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta : lagu daerah yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta ialah Suwe Ora Jamu. Tarian daerah yang di tampilkan didaerah Yogyakarta adalah sebuah tarian massal yang kemudian disebut dengan tari langen mandra wanara. Alat musik daerah pada saat melakukan atraksi tarian, kemudian musik adalah pemberi alunan nada yang kemudian menjadi pemandu bagi penari untuk melakukan sebuah gerakan. Pada Daerah Istimewa Yogyakarta ini sendiri, alat musik tersebut lebih dikenal dengan sebutan gamelan.

Demikianlah  Soal dan Jawaban Uji Kompetensi 4.1 PKn Kelas 7, semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter