-->

Ads 720 x 90

Soal dan jawaban Aktivitas 4.9 Tabel 4.9 Penanaman Sikap Bhineka Tunggal Ika

pkn789.kkatrichannel.info ~ Soal dan jawaban Aktivitas 4.9 Tabel 4.9 Penanaman Sikap Bhineka Tunggal Ika,  soal dari buku paket PKN kelas 7 Semester 2 halaman 107-109.

Soal Aktivitas 4.9 Tabel 4.9 Penanaman Sikap Bhineka Tunggal Ika
Soal dan jawaban Aktivitas 4.9 Tabel 4.9 Penanaman Sikap Bhineka Tunggal Ika

dari pernyatan-pernyataan dibawah ini kalian dapat mengidentifikasi sikap dan perilaku toleran dalam keberagaman. Bacalah pernyataan pernyataan tersebut dan berilah pendapat kalian pada kolom komentar serta tuliskan alasan terhadap pendapat kalian itu.

1. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam.
2. Keberagaman bangsa Indonesia adalah suatu anugerah bagi bangsa Indonesia.
3. Saya senang berteman dengan orang yang berbeda suku, agama, dan budayanya.
4. Saya tidak memiliki teman yang berbeda suku, agama, dan budayanya. Oleh karena itu, saya berharap memiliki teman yang berbeda suku, agama, dan budayanya.
5. Saya memandang sama terhadap orang yang berbeda dengan saya.
6. Saya berperilaku sopan dan menghormati yang berbeda suku, agama, dan budaya dengan saya.
7. Saya ingin mengetahui budaya orang lain untuk menumbuhkan rasa saling memahami antarbudaya yang berbeda.
8. Saya tidak menganggap keburukan seseorang merupakan gambaran kejelekan perilaku satu suku tertentu.
9. Saya berharap tidak ada lagi konflik di antara rakyat Indonesia didasarkan perbedaan suku, agama, ras, dan budaya.
10. Negara Indonesia akan berdiri tegak apabila seluruh rakyat bersatu tanpa memandang berbagai perbedaan.

Tabel 4.9 Penannaman Sikap Bhineka Tunggal Ika

No Pernyataan komentar
1 Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam Benar, bangsa indonesia adalah bangsa yang beragam terdiri atas suku, agama, bahasa dan adat-istiada
2 Keberagaman bangsa Indonesia adalah suatu anugerah bagi bangsa Indonesia Benar, oleh sebab itu keberagaman itu harus kita jaga dan lestarikan karena hal tersebut merupakan amanah bagi warga negara Indonesia.
3 Saya senang berteman dengan orang yang berbeda suku, agama, dan budayanya. Setuju, sebab suku, agama dan budaya bukan penghalang bagi proses integrasi atau hubungan sosial.
4 Saya tidak memiliki teman yang berbeda suku, agama, dan budayanya. Oleh karena itu, saya berharap memiliki teman yang berbeda suku, agama, dan budayanya. Tindakan yang tepat, sikap terbuka (tidak memilih dan membeda-bedakan teman) adalah sikap yang mulia, sebab hal tersebut sejalan dengan cita-cita pendiri bangsa, Bhineka Tunggal Ika.
5 Saya memandang sama terhadap orang yang berbeda dengan saya. Sikap yang tepat, sebab setiap orang memiliki hak yang sama dalam menjalani kehidupan.
6 Saya berperilaku sopan dan menghormati yang berbeda suku, agama, dan budaya dengan saya. Toleransi menjadi kunci utama kehidupan masyarakat yang beragam seperti Indonesia, bahkan setiap agama pun mengajarkan yang demikian.
7 Saya ingin mengetahui budaya orang lain untuk menumbuhkan rasa saling memahami antarbudaya yang berbeda. Tindakan yang tepat dan terpuji, sebab dengan mengetahui langsung kita akan mengerti tentang budaya dan istiadat orang lain.
8 Saya tidak menganggap keburukan seseorang merupakan gambaran kejelekan perilaku satu suku tertentu. Memang benar, menghakimi suatu etnis karena kecerobohan dan kebodohan seorang oknum bukanlah tindakan yang tepat.
9 Saya berharap tidak ada lagi konflik di antara rakyat Indonesia didasarkan perbedaan suku, agama, ras, dan budaya. Konflik yang berdasarkan sara jelas bertentangan dengan semangat pancasila dan uud 1945, oleh sebab itu kita berharap konflik semacam itu memang tidak perlu terjadi lagi.
10 Negara Indonesia akan berdiri tegak apabila seluruh rakyat bersatu tanpa memandang berbagai perbedaan. Sangat setuju, hal tersebut sejalan dengan semboyan Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”. tidak ada untungnya menonjolkan perbedaan, justru hal tersebut merugikan kita sebagai bangsa.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter